Kota Bukittinggi adalah kota yang mulai berdiri seiringdengan kedatangan Belanda yang kemudian mendirikan kubu pertahanan pada tahun 1825 pada masa Perang Padri di salah satu bukit yang terdapat dalam kota ini, dikenal sebagai Benteng Fort de Kock, sekaligus menjadi tempat peristirahatan opsir-opsir Belanda yang berada di wilayah jajahannya. Kemudian pada masa pemerintahan Hindia-Belanda, kawasan ini selalu ditingkatkan perannya dalam ketatanegaraan yang kemudian berkembang menjadi sebuah Stadsgemeente (kota),dan juga berfungsi sebagai ibukota Afdeeling Padangsche Bovenlanden dan Onderafdeeling Oud Agam.

Letak Geografis Kota Bukittinggi
 

Setelah kemerdekaan Indonesia, Bukittinggi ditetapkan sebagai wilayah pemerintahan kota berdasarkan Ketetapan Gubernur Provinsi Sumatera Nomor 391 tanggal 9 Juni 1947, sekaligus menjadi ibukota Provinsi Sumatera waktu itu, dengan gubernurnya Mr. Teuku Muhammad Hasan.

Sekarang Kota Bukittinggi telah tumbuh menjadi sebuah kota yang maju dan terkenal dengan segala macam aspek keindahannya.Bukan saja di bidang pendidikannya,Kota Bukittinggi juga dijuluki sebagai kota wisata karena memiliki panorama alam yang indah dan objek-objek wisata alam yang lainnya,sehinnga tak heran bila musin libur telah tiba banyak pengunjung lokal maupun diluar daerah Bukittinggi yang memilih kota Bukittinggi sebagai kota tujuannya.
dan ini lah keindahan dari kota bukittinggi beserta objek wisatanya


Selain itu ada Lobang Jepang yang terkenal di Bukittinggi.


Jam Gadang kebanggaan Bukittinggi yang terlihat indah di malam hari,tak  heran momen malam tahun baru,malam lebaran maupun hari-hari biasanya tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.




dan inilah objek wisata kabanggan kota Bukittinggi


Tidak hanya terkenal oleh objek wisatanya,Kota Bukittinggi juga terkenal dengan pendidikannya yang maju,makanan khasnya,dan masih banyak lagi....

dain ini sebagian sampel makanan khas Bukittinggi,apa sajakah itu...mari kita lihat....

Karak Kaliang 

                                                                        Rendang
 
 Sanjai