Hai semua..saatnya aku berbagi postingan tentang sekolahku sendiri yang tak lain dan tak bukan adalah SMA N 1 Bukittinggi..

Pertama..Aku bakalan certain sejarah terbentuknya sekolah ini.. 
 SMA N 1 Bukittinggi adalah sekolah menengah atas pertama di kota Bukittinggi yang berdiri pada tanggal 23 Juli 1959.Awalnya sekolah yang beralamatkan di Jl. Syech M. Jamil Jambek No.36 Bukittinggi ini merupakan harta rampasan perang Belanda dan Jepang dan harta ini digunakan untuk pembangunan sekolah. SMA Negeri 1 Bukittingi lahir dari pemekaran SMA negeri ABC Bukittinggi yang berlokasi di Birugo (SMA 2 Bukitinggi sekarang) pada tahun 1957. Pada awalnya SMA ini dikenal dngan SMA Negeri 1B dan pada tahun 1958 lokasinya dipindahkan ke lokasi yang ada sekarang yaitu jalan Syekh M Jamil Jambek No.36 (Lanbouw) Bukittinggi. Gedung induk SMA Negeri 1 Bukittinggi yang mulai dibangun tahun 1957 dan selesai tahun 1959 merupakan bantuan Pemerintah, mengingat Bukittinggi adalah pusat atau ibukota provinsi Sumatera Tengah.
Lokasi SMA ini cukup luas,sehingga memungkinkan sekolah memiliki fasilitas yang lengkap.Laboraturium yang dimiliki SMA ini adalah Labor kimia,labor biologi,labor fisika,labor bahasa,dan 3 labor komputer, Lab pertama dan kedua digunakan hanya untuk mempelajari ilmu computer dasar, seperti Microsoft Office. Sedangkan lab ketiga khusus untuk multimedia, mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat sesuai jurusan masing-masing. Misalnya, untuk siswa jurusan IPA belajar Autocad dan IPS belajar computer akuntansi.Sekolah ini juga memiliki perpustakaan yang terakreditasi A,perpustakaan yang bersih ,buku-buku yang tersusun rapi mulai dari buku pelajaran, buku sastra, ensiklopedia, dan lainnya semuanya ada. serta alunan musik slow nan merdu menambah ketentraman dan kenyamanan siswa dan guru saat membaca buku disana,Ditambah lagi dengan hadirnya 3 orang guru pustaka yang baik hati membuat para siswa semakin cinta dengan pustaka dan gurunya.Selain itu SMA ini juga memiliki Mesjid yang cukup besar,pada jam istirahat pertama biasanya siswa melakukan shalat Dhuha sedangkan pada jam istirahat,sekitar pukul setengah satu siswa langsung menuju mesjid untuk menunaikan ibadah shalat Dzuhur.


Nah ini nih Mesjid kebanggaan kami..tempat para siswa bersujud dan betasbih kepada Tuhan Yang Maha Esa
Lingkungan sekolah pun tampak asri. Taman ada di mana-mana, menyejukkan setiap mata yang memandangnya.Aula SMA 1 ini juga terbilang besar,bukan hanya warga sekolah yang menggunakannya seperti acara pertemuan,perpisahan,dan acara penyuluhan,namun warga kota Bukitinggi juga sering menggunakannya untuk acara kepentingan bersama seperti pertemuan semua guru kota bukittinggi,sehinnga tak heran aula ini juga disebut sebagai Ruang Serbaguna.selain aula, ada kantin sekolah yang besar, ruang kopsis,kantor majelis guru dan masih banyak lagi.
Selain fasilitas-fasilitas sekolah yang udah aku certain tadi,SMA 1 terkenal dengan kekompakan para siswanya..


Seru kan kebersamaan kami..tapi itu baru sebagian dari siswa-siswa SMA 1 yang lainnya juga lebih heboh
 Berbicara masalah peraturan, sekolah ini tak main-main. Ketika siswa sudah memutuskan untuk bersekolah di sini, maka ia harus menyetujui perjanjian di atas kertas bersegel dengan materai 6000. Jenis kesalahan pun sudah dikotak-kotakkan. Untuk kesalahan berat, seperti mengonsumsi narkoba, berkelahi, melawan guru, akan segera didepak dari sekolah itu. Tetapi, untuk kesalahan yang bisa dimaafkan seperti cabut pada jam pelajaran, seragam tak rapi, akan mendapatkan pembinaan dari pihak sekolah. Dalam perjalanannya, SMA Negeri 1 Bukittinggi mampu mengukir banyak prestasi baik dalam bidang akademis maupun non-akademis. Siswanya mampu bersaing dalam dan luar negeri,oleh karena itu SMA N 1 Bukittinggi patut diacungi jempol.